Teknologi 4.0

Penyerangan Siber Merugikan Perusahaan Amerika Serikat

 

 

E-trainingoline.com – Penyerangan Siber di Perusahaan AS. Salah satu kelompok siber berulah lagi menyerang setidaknya 200 perusahaan di Amerika Serikat. menurut sebuah perusahaan keamanan siber. Menurutnya yang meyenrang yaitu kelompok ransomware REvil.

 

Huntress Labs mengatakan peretasan itu menargetkan perusahaan TI yang berbasis di Florida, Kaseya, sebelum menyebar melalui jaringan perusahaan yang menggunakan perangkat lunaknya.Kaseya mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya sendiri bahwa pihaknya sedang menyelidiki “potensi serangan”.

 

Huntress Labs mengatakan pihaknya yakin geng ransomware REvil yang terkait dengan Rusia bertanggung jawab.

Badan Keamanan dan Infrastruktur Siber AS, sebuah badan federal, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mengambil tindakan untuk mengatasi serangan itu.

 

Pelanggaran dunia maya muncul pada Jumat sore ketika perusahaan-perusahaan di seluruh AS berhenti bekerja untuk akhir pekan Hari Kemerdekaan yang panjang.

 

Biden telah memperingatkan bahwa AS akan membalas jika mengetahui Rusia berada di balik serangan siber massal yang melanda setidaknya 1.000 perusahaan Amerika menjelang akhir pekan 4 Juli.

 

Vladimir Putin (kiri) dan Joe Biden (kanan) saat bertemu untuk pertama kalinya sebagai presiden.[Anadolu Agency]

 

Presiden mengatakan kepada wartawan bahwa belum jelas siapa yang berada di balik pelanggaran keamanan siber terbaru untuk menyerang bisnis Amerika.

 

Dia bersikeras ‘akan menanggapi’ jika itu terkait dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

 

Pakar keamanan siber Dmitri Alperovitch dari think tank Silverado Policy Accelerator mengatakan, dia yakin serangan terbaru bermotivasi finansial dan bukan diarahkan Kremlin.

 

Namun, dia mengatakan itu menunjukkan bahwa Putin ‘belum bergerak’ untuk menutup penjahat dunia maya di Rusia, setelah Biden menekannya untuk melakukannya pada pertemuan puncak Juni mereka di Swiss.

 

Dalam beberapa bulan terakhir, infrastruktur penting negara itu telah menjadi korban serangan dari kelompok kriminal dunia maya yang diduga berbasis di Rusia.

 

Salah satu pengangkut bahan bakar terbesar dan salah satu pemasok daging terbesar AS tutup selama berhari-hari setelah peretasan.

 

Sumber :

    1. https://media.suara.com/pictures/653×366/2017/01/31/o_1b7ofig641c0u181kuuovoe1peoa.jpg
    2. https://www.suara.com/tekno/2021/07/05/053500/1000-perusahaan-as-kena-serangan-siber-joe-biden-dikecam?page=all
    3. https://www.bbc.com/news/world-us-canada-57703836
    4. https://dynaimage.cdn.cnn.com/cnn/c_fill,g_auto,w_1200,h_675,ar_16:9/https%3A%2F%2Fcdn.cnn.com%2Fcnnnext%2Fdam%2Fassets%2F200304080919-12-joe-biden-super-tuesday-0303.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?