Teknologi 4.0

Mengenal Apa Itu NFT?

Mengenal Apa Itu NFT?

NFT saat ini mengambil alih dunia seni digital dan barang koleksi. Seniman digital melihat hidup mereka berubah berkat penjualan besar-besaran kepada audiens kripto baru. NFT adalah fenomena baru dan menarik.
Sekitar sejak 2014, mereka adalah aset digital unik yang dibeli dan dijual secara online menggunakan cryptocurrency.
Tapi seni digital hanya satu cara untuk menggunakan NFT. Para ahli memperkirakan dalam lima tahun, seni digital akan melampaui pasar seni tradisional.
NFT benar-benar dapat berupa apa saja yang digital seperti gambar, musik, mengunduh isi otak dan diubah menjadi AI, tetapi memang yang trending saat ini seputar penggunaan teknologi untuk menjual seni digital.
Apa itu NFT

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. NFT adalah token digital satu-satunya yang ditautkan secara permanen ke sebuah karya dan dienkripsi dengan tanda tangan artis. Ini memvalidasi kepemilikan dan keaslian karya tersebut.
Ini adalah bentuk aset digital yang dapat digunakan untuk mewakili artefak dunia nyata seperti seni, musik, video, dan hal-hal dalam game.
Mereka sering dikodekan dengan perangkat lunak yang sama seperti banyak kripto lainnya dan dibeli kemudian dijual secara online, seringkali dengan kripto.
Aset yang dapat dipertukarkan, seperti uang kertas, dapat dengan mudah dipertukarkan. Cryptocurrency yang dirancang untuk beroperasi sebagai mata uang, seperti bitcoin, dapat dipertukarkan, yang berarti bahwa dua bitcoin serupa dan karenanya dapat dipertukarkan.
Tidak seperti bitcoin dan cryptocurrency lainnya, NFT adalah aset crypto yang ada di blockchain (buku besar digital kriptografi), tetapi setiap token benar-benar unik.
Cara Kerja NFT
Meskipun NFT sering dibeli dan dijual menggunakan mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum, mereka sendiri bukan mata uang kripto.
Seperti dolar dan mata uang lainnya, cryptocurrency dapat dipertukarkan. Jika Anda menukar satu bitcoin dengan bitcoin lain, keduanya memiliki nilai yang sama. Anda masih akan memiliki satu bitcoin. Karena NFT unik, mereka tidak memiliki nilai yang setara dengan NFT unik lainnya. Anda dapat menggabungkan satu NFT dengan yang lain untuk “mengembangkan” NFT ketiga yang unik.
Apa pentingnya NFT
Untuk sementara, yang paling jelas, manfaat NFT adalah efisiensi pasar. Konversi aset fisik menjadi aset digital menyederhanakan proses dan menghilangkan perantara. NFT yang mewakili karya seni digital atau fisik pada blockchain menghilangkan kebutuhan akan agen dan memungkinkan seniman untuk terhubung langsung dengan audiens mereka.
Bagaimana cara membeli NFT?

Banyak NFT hanya dapat dibeli dengan Ether, jadi memiliki beberapa cryptocurrency dan menyimpannya di dompet digital, biasanya merupakan langkah pertama. Anda kemudian dapat membeli NFT melalui salah satu pasar NFT online, termasuk OpenSea, Rarible, dan SuperRare.
Apakah token yang tidak dapat dipertukarkan aman?
Token yang tidak dapat dipertukarkan, yang menggunakan teknologi blockchain seperti cryptocurrency, umumnya aman. Sifat terdistribusi dari blockchain membuat NFT sulit, meskipun bukan tidak mungkin, untuk diretas.
Salah satu risiko keamanan untuk NFT adalah Anda dapat kehilangan akses ke token NFT Anda jika platform yang menghosting NFT gulung tikar.
Dampak lingkungan NFT
Ada banyak emisi gas rumah kaca yang terkait dengan NFT. Pertama, mereka sebagian besar dibeli dan dijual di pasar seperti Nifty Gateway dan SuperRare yang menggunakan cryptocurrency Ethereum.
Ethereum, seperti kebanyakan cryptocurrency utama, dibangun di atas sistem yang disebut “proof of work” yang menggunakan banyak energi.
Digiconomist memperkirakan jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh Ethereum adalah dari seluruh negara Belgia, dan proliferasi NFT yang berkelanjutan hanya membuat sistem menggunakan lebih banyak energi.

Sumber: https://www.merdeka.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?