Teknologi 4.0

Mengapa Harga NFT Mahal?

Mengapa Harga NFT Mahal?

Aset non-fungible token (NFT) sedang digandrungi netizen, setelah NFT foto selfie milik akun Ghozali Everyday, laku terjual hingga miliaran rupiah.

Sebelumnya, seorang anak 12 tahun asal London, Benyamin Ahmed, yang membuat karya seni digital “Weird Whales”, yakni berupa emoji ikan paus bergaya piksel, terjual sebesar 290.000 poundsterling atau setara dengan Rp 5,7 miliar sebagai Non-Fungible Token (NFT).

Mengapa harga NFT Mahal?

Mengapa harga NFT Mahal?, dan faktor-faktor apa yang membuatnya menjadi mahal? Dikutip KompasTekno dari Alan Turing Institute, Selaa (18/1/2022), alasan paling mendasar adalah karena tidak ada penguasaan dan dominasi dalam skema perdagangan NFT.

Dengan kata lain, tidak ada aktor dominan yang bisa mengendalikan harga di NFT. Peneliti di Alan Turing Institute menyebut bahwa terdapat heterogenitas yang sangat luar biasa besar dalam perdagangan NFT.

Selera dan tren yang menjadi dasar untuk menentukan harga bersifat dinamis dan tidak pasti. Seleran dan tren bisa ditafsirkan berulang-ulang oleh penjual dan pembeli.

Meski dinamis, Alan Turing Institute menemukan tiga faktor terbesar yang memengaruhi penjual atau pembeli dalam menafsirkan harga di NFT, antara lain faktor visual, harga jual NFT sebelumnya, serta hubungan antara penjual dan pembeli.

Dalam menemukan faktor itu, para peneliti telah mempelajari data dari 4,7 juta NFT yang telah diperdagangkan oleh lebih dari 500.000 pembeli dan penjual.

3 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual NFT:

1. Kualitas

Faktor yang mempebgaruhi harga NFT yang pertama adalah kualitas. Sebanyak 20 persen yang mempengaruhi harga NFT adalah kualitas visual dari NFT itu sendiri.

2. Harga jual

Faktor yang kedua adalah harga jual, Harga jual yang sebelumnya menjadi 50 persen penentu keberagaman harga NFT.

Maksud faktor harga jual yang sebelumnya itu misalkan NFT yang berupa gambar beruang dari PhantaBear, ( salah satu penjual NFT terkenal ) qqkini dijual dengan harga 3.99 ETH.

Maka, harga itu akan menjadi indikator penentuan harga untuk model NFT serupa di kemudian hari.

3. Popularitas

Faktor ketiga sebanyak 10 persen yang memengaruhi harga NFT adalah popularitas dari si penjual.

Biasanya NFT diperdagangkan melalui skema lelang yang dapat dijumpai pada beberapa situs online, salah satunya yakni OpenSea

 

Sumber

: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?