Teknologi 4.0

Apa Yang Dinamakan Metaverse?

Apa yang Dinamakan Metaverse?

Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual.

Augmented reality melapisi elemen visual, suara, dan input sensorik lainnya ke pengaturan dunia nyata untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Alih-alih hanya melihat konten digital, pengguna di metaverse akan dapat membenamkan diri dalam ruang di mana dunia digital dan fisik bertemu. Di metaverse, Anda akan dapat melakukan hampir semua hal seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, bekerja, belajar, bermain, berbelanja, berkreasi serta pengalaman baru yang sama sekali tidak sesuai dengan cara kita berpikir tentang komputer atau ponsel saat ini. Sumber :https://wartaekonomi.co.id/

Manfaat Metaverse :

  1. Ruang kantor virtual

Selama masa pandemi, setiap orang telah terbiasa dengan Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan alat komunikasi lainnya untuk tetap menjalin komunikasi. Namun, Metaverse dapat membawa ini ke tingkat berikutnya dengan menyediakan ruang kantor virtual yang akan membuat setiap orang merasa seperti berada di ruangan yang sama.

2. Tur Virtual di Seluruh Dunia

Metaverse memungkinkan setiap orang untuk melakukan perjalanan tanpa harus berada di sana secara fisik. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) muncul di dalam Metaverse, dunia yang imersif dengan konten realistis akan meningkatkan imajinasi penonton.

3. Ruang Belajar Virtual di Rumah

Meskipun platform seperti Zoom memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan guru, profesor, dan satu sama lain, namun masih ada hambatan yang tidak dapat diatasi dengan teknologi tersebut. Metaverse menjanjikan pengalaman online gabungan, di mana satu avatar dapat berpindah antar ruang, seperti dari ruang kuliah ke laboratorium sains.

4. Pengalaman yang Semakin Terjangkau

Metaverse juga memungkinkan sebagian besar umat manusia untuk mengalami perjalanan dunia secara virtual, interaksi berkualitas tinggi dengan anggota keluarga di negara yang jauh, dan seterusnya.

5. Penciptaan Hal-Hal Baru

Saat ini, tidak seorang pun memiliki pengalaman virtual berkualitas tinggi dalam perjalanan ke tata surya yang jauh, pusat bumi, atau era peradaban manusia di masa lalu. Namun, setelah perkembangan pesat VR dalam beberapa tahun lagi, sebagian besar manusia mungkin dapat memiliki akses ke pengalaman ini. Sumber : https://kedu.pikiran-rakyat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?