Teknologi 4.0

Apa Itu Metaverse

Apa itu Metaverse?

Pada zaman sekarang , metaverse adalah salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan oleh ahli IT, ekonomi bisnis, hingga marketing. Dunia virtual ini digadang-gadang akan menjadi gerbang menuju kemudahan digital di masa-masa mendatang.

Popularitasnya terus melejit setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc, atau singkatnya Meta.Metaverse pun sejatinya masih belum bisa dijelaskan secara detail. Pasalnya, ia masih dianggap sebagai sebuah konsep.

Metaverse adalah realitas digital yang menggabungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual.

Meskipun baru populer belakangan ini, metaverse sejatinya adalah sebuah istilah yang sudah lama diciptakan.Ia pertama kali digunakan pada tahun 1992 oleh Neal Stephenson dalam novelnya yang bertajuk “Snow Crash”.Menurut CNBC, istilah tersebut merujuk pada dunia virtual berbasis 3D yang dihuni oleh avatar dari pengguna sungguhan.Meskipun demikian, makna dari istilah tersebut belum bisa didefinisikan secara universal.sejauh ini metaverse masih dalam bentuk konsep.

Jika dipersingkat, metaverse merupakan komunitas virtual yang saling terhubung dan tak memiliki ujung. Di dalamnya, pengguna dapat bekerja, bersosialisasi, belanja, hingga bermain dengan menggunakan teknologi khusus.Beberapa teknologi ini mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, serta aplikasi khusus dari smartphone dan atau perangkat lainnya.nts.cohttps://glim/id/lowongan/metaverse-adalah/#.YfoD–pBzIU

Apa saja yang dapat dilakukan dalam metaverse?

1.Konser virtual

2.Melihat serta membeli karya seni dan pakaian

3.Main gim

4.Bekerja

Berikut adalah cara kerja atau sejumlah kegiatan atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh penggunanya di Metaverse, antara lain:

  • Horizon: Horizon adalah dunia virtual yang dapat memilih atau membuat tanah sendiri seperti taman, kantor, tempat bermain, pantai, pegunungan, luar angkasa atau tempat manapun yang ingin dituju.
  • Avatar: Avatar adalah pengguna dapat menciptakan avatarnya sendiri sesuai keinginan seperti avatar manusia dengan gender laki-laki atau perempuan lengkap dengan pakaian ataupun wujud lain misalkan robot, karakter, dinosaurus, dan lain-lain.
  •   Kegiatan virtual: Kegiatan virtual adalah pengguna dapat melakukan aktivitas yang sama di dunia asli seperti berolahraga, menonton film, menonton konser, kuliah, bekerja, dan lain-lain.
  • Kumpul bersama: Kumpul bersama adalah pengguna dapat bertemu dengan pengguna lain untuk meeting, berpesta ataupun sekedar nongkrong bersama.
  • Belanja: Belanja adalah pengguna dapat berbelanja dan bertransaksi layaknya berbelanja langsung ke toko atau mal.
  • Masuk ke dalam game: Masuk ke dalam game adalah pengguna dapat masuk ke dalam game layaknya seperti film Ready Player One atau Film Free Guy.
  • Alat hardware: Alat hardware adalah pengguna memakai headset Virtual .
    https://lifestyle.kontan.co.id/news/mengenal-apa-itu-metaverse-dan-seperti-apa-cara-kerjanya?page=all.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?