Blog

Teknologi 4.0

Solusi Ekonomi dan Institusi kecil di Masa Pandemic Dengan Kemajuan Teknologi

Saat ini UMKM mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan,distribusi telambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh, hal ini menjadi ancaman bagi perekonomian nasional.

UMKM sebagai penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja tengah menghadapi penurunan produktivitas yang berakibat pada penurunan profit secara signifikan.

Untuk membangkitkan kembali ini diperlukan solusi mitigasi dan pemulihan. langkah mitigasi prioritas jangka pendek adalah dengan menciptakan stimulus pada sisi permintaan dan mendorong platform digital (online) untuk memperluas kemitraan.

Upaya lainnya yaitu melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk,proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya.

 

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan UMKM Indonesia yang terdampak Covid-19.

“Salah satu pilar penting sektor ekonomi nasional yaitu nafas Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang membutuhkan perhatian.

LIPI sebagai instansi pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk melakukan penyelamatan dengan mendukung setiap langkah UMKM dan secara bertahap memberikan solusi permasalahan yang ada terutama di tengah pandemi,” ungkap Laksana Tri Handoko, Kepala LIPI.

Banyak cara bagaimana kita menghadapi pengaruh kemajuan IPTEK dengan selektif,seperti yang kita ketahiu kemajuan IPTEK ini bisa berdampak positif dan negativ baik dalam bidang ekonomi, bidang sosial, dan bidang pendidikan. Kita akan membahas sedikir tentang dampak positif dan negatif yang perlu kita ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?