Deskripsi
IoT mengubah cara manusia dalam melakukan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan untuk memecahkan sebuah masalah adalah tidak saja bagian dari kegiatan sebuah perusahaan, namun juga aktivitas sehari-hari seorang individu. Sebuah keputusan, apalagi keputusan yang penting dengan segala risikonya, adalah proses panjang yang seharusnya dipelajari dengan baik; pembelajaran terletak bukan pada hasil akhirnya, yakni pemecahan sebuah masalah, namun pada proses yang dijalankannya. Sebuah perusahaan yang memiliki SDM dengan kemampuan pengambilan keputusan yang cepat dan handal, akan mengambil banyak manfaat di tengah persaingan yang semakin kompetitif ini. Penggunaan aplikasi di Era IoT (Internet of Thing) juga mendukung kecepatan dalam memetakan suatu problem dan mengaplikasikan keputusan bisnis yang harus segera diambil.
Pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama adalah proses pengambilan keputusan yang kreatif, tidak sekedar rutin dan reaktif. Sedangkan bagian kedua akan memanfaatkan aplikasi Freemind untuk memudahkan peserta.
memvisualisasikan proses kreatif mereka dalam mengambil sebuah keputusan bisnis atau keputusan strategis lainnya di Era IoT.
Tujuan
· Membekali peserta dengan pemahaman proses pemecahan masalah secara kreatif
· Membekali peserta dengan kemampuan mematahkan mental block yang menghambat proses kreatif
· Membekali peserta dengan kemampuan melakukan brainstorming, multivoting, dan mind mapping untuk kegiatan problem solving
· Membekali peserta dengan kemampuan penguasaan software Freemind untuk membantu kegiatan problem solving.
Materi
1. Pemahaman Creative Problem Solving
2. Menghadapi Mental Block dalam proses kreatif individu
3. Golden Rules dalam Proses Kreatif Berpikir
4. Proses Creative Problem Solving dan Decision Making
5. Brainstorming sebagai Alat Bantu Creative Problem Solving dan Decision Making
6. Metode-metode dalam problem solving and decision making
7. Menggunakan Mind Mapping sebagai Alat Bantu Problem Solving dan Decision Making
8. Penggunaan software Freemind dalam Proses Problem Solving dan Decision Making
9. Case and Study