Teknologi 4.0

Apa Itu Teknologi Blockchain?

Pengertian Blockchain

Apa Itu Teknologi Blockchain?

Blockchain adalah teknologi yang mendasari perkembangan mata uang kripto seperti bitcoin, ethereum, atau bentuk aset kripto lain. Padahal sebenarnya, manfaat dan fungsi blockchain tak hanya untuk mata uang kripto saja, namun juga digunakan untuk beragam bidang lain terkait teknologi dan digitalisasi.

Bila dipahami secara harfiah, blockchain terdiri atas dua kata bahasa Inggris, yakni block yang berarti kelompok dan chain yang berarti rantai. Sehingga, pengertian blockchain bisa diartikan sebagai teknologi yang memanfaatkan komputasi untuk menciptakan kelompok-kelompok atau blok yang saling terhubung satu sama lain. Blok-blok tersebut berisi catatan transaksi serta melacak aset dari sebuah jaringan bisnis. Blockchain mulanya digunakan pada bitcoin yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Sumber:https://money.kompas.com/

Jadi, pada dasarnya ada tiga sifat utama dari teknologi blockchain yang membuatnya bisa mendapatkan pengakuan yang luas. Ketiga sifat tersebut adalah desentralisasi, transparansi,dan juga kekal atau tidak bisa dirubah.

  1. Desentralisasi

Sebelum kehadiran BitTorrent dan Bitcoins, telah lebih dulu hadir layanan terpusat dengan ide dan konsep yang sederhana. Jadi, Anda bisa mempunyai entitas terpusat yang menyimpan seluruh data dan Anda harus bisa berinteraksi hanya dengan entitas tersebut agar bisa memperoleh informasi apapun yang memang Anda perlukan. Dalam jaringan desentralisasi ini, bila Anda ingin melakukan interaksi dengan teman, maka Anda bisa melakukannya secara langsung tanpa melalui pihak ketiga. Hal inilah yang menjadi ideologi utama di balik bitcoin.

2    Transparansi

Salah satu konsep yang paling menarik namun juga sering disalah pahami di dalam teknologi blockchain adalah transparansi. Beberapa orang mengklaim bahwa blockchain mampu memberikan privasi, sementara yang lainnya mengatakan bahwa blockchain memberikan transparansi. Karena identitas seseorang akan disembunyikan melalui adanya kriptografi yang kompleks dan hanya diwakili dengan alamat publik mereka.

3     Kekal

Kekekalan dalam konteks blockchain adalah bahwa sekali sesuatu sudah diinput ke dalam blockchain, maka sesuatu tersebut sudah tidak bisa dirusak. Hal ini tentu sangat penting untuk lembaga keuangan seperti perbankan. Karena ada banyak sekali kasus penggelapan dana yang bisa dihilangkan bila banyak orang yang tahu bahwa mereka tidak bisa mengotak-atik buku keuangan dan bermain-main dengan akun perusahaan. Sumber: https://accurate.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
Butuh Informasi Kami?
E-Trainingonline.com (PT Expertindo)
Halo
Ada yang bisa Kami bantu?